FILM DOKUMENTER FROM STRUGGLE DAWNS NEWS HOPE

FILM DOKUMENTER
FROM STRUGGLE DAWNS NEWS HOPE
Teguh Dwi Imanda
S1 Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang
E-mail: teguhdwigeografi2014@gmail.com

Abstrack: Papua memiliki kekayaan alam yang luar biasah, sayangnya belum dapat dioptimalkan bangsa sendiri sehingga diserahkan bangsa asing (Freeport). Pengelolaan yang dilakukan Freeport juga bukannya tanpa masalah. Kesejahteraan menjadi hal yang terus dituntut di pertambangan emas terbesar di dunia ini. Dari masalah kesejahteraan ini yang kemudian menyebabkan masalah-masalah kompleks selanjutnya.
Kata Kunci: Freeport, Papua, Kesejahteraan



Papua Barat adalah wilayah yang kaya akan sumber daya alam, mulai dari emas, tembaga, dan barang tambang lainnya. Sayangnya upaya pemberdayaan sumber daya alam tanah Papua masih kurang optimal, bahkan bangsa kita perlu meminta bantuan bangsa asing dalam upaya eksploitasi sumber daya alam. Eksploitasi oleh bangsa asing ini juga menimbulkan pro dan kontra dalam pelaksanaannya. Berbagai macam masalah mulai timbul sampai pada puncaknya aksi pemogokan ribuan pekerja Freeport pada tahun 2011. Video dokumenter ini mendiskripsikan dengan lengkap akar permasalahan yang menyebabkan timbulnya aksi sampai dengan reaksi dari pihak yang berlawanan.
UPAYA MENCARI KESEJAHTERAAN DI FREEPORT
Pada dasarnya aksi yang dilakukan oleh buruh di Freeport merupakan puncak rasa ketidakadilan yang dirasakan oleh para pekerja. Perbandingan upah dan keuntungan yang didapat buruh dan perusahaan sangatlah jauh, begitu pula fasilitas yang didapat para buruh ini hanyalah fasilitas sederhana. Video dokumenter ini memaparkan data tentang peningkatan keuntungan Freeport setiap tahun dan perbandingan upah dengan pertambangan di negara lain yang sangat jauh berbeda. Ketika kita melihat data yang disuguhkan dalam video, maka akan terfikir satu hal yang sama yaitu ketidakadilan.
Ketidakadilan ini yang penulis rasa membuat Sudiro (koord Aksi) melakukan aksi pemogokan. Aksi yang dilakukan merupakan aksi yang menurut penulis pantas untuk dicontoh, dimana aksi berjalan tertib, damai, dan yang paling baik adalah bertanggung jawab. Bertanggung jawab disini adalah meskipun mereka melakukan pemogokan akan tetapi masih memperhatikan bahkan mendokumentasikan berbagai macam peralatan yang mereka tinggal. Hal ini patut dicontoh dimana aksi demonstrasi tidak harus merusak. Menganalogikan sifat api dimana jika tidak segera dipadamkan maka semakin besar, begitu pula aksi yang tidak mendapat reaksi yang baik. Seperti yang ada di Film ketika aksi yang semula berjalan tertib berubah menjadi ricuh ketika aksi yang diberikan oleh aparat keamanan berlebihan. Sebuah reaksi yang menimbulkan masalah panjang pada setelah-setelahnya.
TERJAJAH DI TANAH SENDIRI
            Setelah melihat seluruh video ini, maka point yang dapat penulis ambil adalah dimana rakyat Papua merasa terjajah di tanahnya sendiri. Rasa mendapat ketidakadilan  yang sama dirasakan warga Papua, membuat mereka ingin bebas dan bisa berkembang sendiri. Hal yang sama dulu pernah dirasakan bangsa Indonesia dimana mendapatkan ketidak adilan dari Belanda. Kekayaan alam milik Indonesia justru hanya mneyejahterakan Belanda. Penulis rasa hal yang sama juga dirasakan oleh rakyat Papua. Kekayaan alam Papua sendiri justru tidak dinikmati warga Papua itu sendiri.
KESIMPULAN
Freeport dengan permasalahnnya yang kompleks memang harus segera diselesaikan jika ingin Papua Barat masih nyaman dengan Indonesia. Sebuah video dokumenter yang sangat mendidik karena menyadarkan kita tentang suatu kondisi yang terjadi di Negara kita sendiri. Kondisi ketidakadilan yang terjadi di wilayah paling timur Indonesia.

Daftar Rujukan
Alkinemovie. 2011. From Struggle Dawns New Hope, (online), (m.youtube.com/watch?v=x3OWOu88BhY), diakses pada 24 Maret 2016






Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARAKTERISTIK CITRA SATELIT

RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) BANYUWANGI - SECARA UMUM

PERMASALAHAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI DALAM KURIKULUM 2013