MENGENAL PERBEDAAN KAWAH DAN KALDERA

Seiring meningkatnya trend mendaki gunung, meningkat pula popularitas istilah-istilah ilmiah tentang gunung dan alam. Sering kita mendengar dan membaca tentang Kawah Ijen, Kawah Bromo, Kaldera Tengger, Kaldera Toba, dan lain sebagainya. Sebutan tersebut tidak jarang pula sering tertukar ketika para influencer kita secara tidak sengaja menyebut Kaldera Bromo bukan Kawah Bromo, atau Kawah Ijen bukan Kaldera Ijen yang membuat kita sendiri bingung membedakan yang mana nama yang benar untuk tempat tersebut. Dalam artikel ini kita akan sama-sama belajar tentang cara membedakan penyebutan “kawah” dan “kaldera”.

 

KALDERA

Photo by ROBERTO ZUNIGA: https://www.pexels.com/photo/aerial-view-of-a-caldera-5275152/

Dalam ilmu Geologi, istilah Kaldera sendiri secara singkat brarti kawah atau lubang besar yang terbentuk hasil dari erupsi eksplosif dari gunung api. Dalam arti yang lebih kompleks, mengutip dari magma.esdm.go.id bahwa Kaldera adalah lubang besar seperti kuali berukuran lebih dari 2km yang terbentuk tak lama setelah pengosongan ruang dapur magma dalam erupsi eksplosif gunungapi. Ketika volume besar magma di erupsikan dalam waktu singkat, dukungan struktural untuk batuan di atas dapur magma hilang.

Kaldera dapat terbentuk akibat permukaan kawah yang kemudian runtuh kebawah akibat dikosongkan atau sebagaian dikosongkan dapur magma karena erupsi. Peristiwa ini menyebabkan depresi besar pada daerah permukaan karena terbentuk akibat penurunan atau runtuhan.

 

KAWAH

Photo by Adil: https://www.pexels.com/photo/aerial-photo-of-crater-lake-2695664/

Kawah sendiri juga kita kenal dengan istilah kepundan. Kawah dalam arti secara luas merupakan bagian puncak atas dari Gunung Api yang menjadi tempat magma keluar dalam bentuk lava, gas, dan ejecta (partikel yang keluar dari celah vulkanik). Secara istilah mengutip dari ilmugeografi.com, pengertian kawah atau kepundan merupakan depresi melingkar di permukaan tanah yang disebabkan karena aktivitas vulkanik.

Luas Kawah sendiri berbeda-beda tergantung dari tipe letusan gunung api tersebut. Sebagai contoh gunung dengan tipe letusan eksplosif memiliki kawah dengan diameter yang luas dan dalam sementara gunung dengan letusan efusif kawahnya lebih dangkal.

 

KESIMPULAN PERBEDAAN KAWAH DAN KALDERA

Kesimpulan dari penjelasan diatas, dapat kita bedakan perbedaan Kawah dan Kaldera menjadi tiga hal.

1.      Kawah merupakan bagian dari gunung api tempat keluarnya gas, magma dan ejecta ketika terjadinya erupsi. Sementara Kaldera merupakan hasil atau tempat yang terbentuk dari runtuhan yang terjadi akibat erupsi tersebut.

2.       Dilihat dari luasnya, Kaldera lebih luas disbanding Kawah karena terbentuk akibat runtuhan atau penuruan yang mengakibatkan depresi besar.

3.      Kaldera merupakan daerah disekitar kawah yang runtuh atau mengalami penurunan akibat kosongnya atau sebagai kosong kantong magma di bawah gunung api sehingga tidak semua daerah di Kaldera bisa terjadi erupsi.

 

DAFTAR RUJUKAN

Magma Indonesia. 2021. Kaldera, (online), (https://magma.esdm.go.id/v1/edukasi/glossary/kaldera), diakses pada 26 Maret 2023

Fatma, Desy. 2019. GEOMORFOLOGI 3 Perbedaan Kaldera dan Kawah Terlengkap, (online), (https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/geomorfologi/perbedaan-kaldera-dan-kawah), diakses pada 26 Maret 2023

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARAKTERISTIK CITRA SATELIT

RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) BANYUWANGI - SECARA UMUM

PERMASALAHAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI DALAM KURIKULUM 2013